RSS

2nd Day in Pekanbaru: Pendampingan & Supervisi Kurikulum 2013

07 Oct

Beres sarapan, kami dijemput ke SMK Negeri 3 – yang ternyata punya Hotel di sekolahnya, wiw – keren.. Hotel Nilam Sari.. Disambut oleh guru” – beberapa senyum, beberapa mungkin di dalam hatinya berkata, “Ini nih orang”yang menyebabkan kami pusing di lapangan” :’)

IMG_20131007_091837Peserta Kegiatan terdiri dari Kepsek, Guru, + Pengawas dari 8 sekolah sasaran:
– SD Negeri 36 Pekanbaru
– SD Negeri 83 Pekanbaru
– SMP Negeri 1 Pekanbaru
– SMP Negeri 6 Pekanbaru
– SMA Negeri 1 Pekanbaru
– SMA Negeri 12 Pekanbaru
– SMK Negeri 1 Pekanbaru
– SMK Negeri 3 Pekanbaru

Pengarahan dari Bapak Nasution, pengganti Bapak Kadis yang berhalangan.. Dari pemaparan beliau – wiw, sudah mulai terasa aura “pusingnya di lapangan”.. Pelaksanaan implementasi kurikulum ternyata masih bingung, informasi yang didapat tidak utuh..

Seorang bapak bertanya, Pengawas SD – Bapak Masuhafitri: di lapangan, standar dari BSNP hanya diperbolehkan menambah 4 JP.. Sedangkan di Data Dapodik tidak diakui, alhasil banyak guru yang tidak mau mengajar tambahan karena “tidak diakui” – mempengaruhi proses Sertifikasi.. :’)

Proses pelaksanaan pendampingan ada di 3x kunjungan:

–          6-10 Oct, penyusunan kurikulum, pengumpulan data awal

–          20-24 Oct, supervisi, pembelajaran di kelas

–          30-3 Nov, pengumpulan informasi performa peserta didik

Awalan pemaparan dari bu Muti menceritakan betapa kami datang dari pusat bukan untuk sekedar mengevaluasi, tetapi judul utamanya adalah ingin adanya pendampingan langsung dari pusat setelah melihat proses implementasi kurikulum secara langsung di lapangan.. So, teramat sangat beruntung sekolah” yang terpilih sehingga dapat langsung berkonsultasi kepada Bu Muti, orang puskurnya langsung🙂

Dan sesi curhat pun dimulai…

Bapak yang tadi lagi bertanya: Kami bingung di proses penilaian, rapot nanti seperti apa? Dokumen pelatihan pun berbeda, antara cetak dan soft-file berbeda, apa yang harus dipakai? Guru Agama SD pun masih bingung – belum mendapatkan pelatihan, katanya akan dilaksanakan Depag, tapi sampe sekarang belum ada..

Ibu kepala SD 86 bertanya: pelaksanaan masih bingung, siswa SD sudah dituntut harus bisa baca? Penilaian rubrik masih sulit, siswanya cukup banyak – pengamatan sulit.. Penilaian rapor masih belum jelas akan disepertiapakan?

Guru kelas 4, Ibu Yusminar bertanya: Dalam pelaksanaan dituntut ada kegiatan diskusi, sedangkan waktu tidak cukup jika dilaksanakan selama 1 hari..

Bapak Sukirman, pengawas SMK: Mapel kelompok A-B, sama seperti SMA, yang C peminatan untuk kejuruan – keahlian.. C1 termasuk di bidang keahlian.. C2 (kelas 2) termasuk program keahlian, C3 paket keahlian.. Solusi yang ditawarkan: menggunakan Struktur Kurikulum yang dibuat guru” di Sawangan.. Mata Pelajaran + KD-nya belum ditetapkan?

Bapak Alman, Pengawas SMK Teknologi.. Sosialisasi bermasalah.. Ikut pelatihan di mana”, Struktur RPP bermasalah.. Kelompok C2-C3 KI-KD belum ada.. Struktur Kurilulum, C2 Simulasi Digital tidak ada di Puskurbuk, di Direktorat ada.. :’) Penyiasatan permasalahan: penyesuaian KTSP, membuat paket KI-KD sendiri.. Problem utama: Pedagogig guru.. Metode, Strategi, + Pelaksanaan di Kelas..

Bapak Sudio, SMKN 6, mapel Matematika.. KTSP 6 JP, sekarang Cuma 4JP, sulit.. terburu”.. Materi banyak, waktu sedikit.. Menyeragamkan RPP, penting..

Ibu Dameriana, guru Bahasa Inggris SMK kelas 10, 3JP? Bahasa Inggris belum dapat pelatihan..

Bapak Samsir, Pengajar Agama SMK.. Punya 2 orang tua – Disdik + Depag.. Ingin ada khusus pelatihan untuk guru” Agama dari disdik..

Ibu Novi, SMP 6.. Penyusunan RPP – untuk satu tema cukup dibuat 3 RPP.. RPP Inti Pembelajaran, RPP Tugas Mandiri, RPP Tugas Kelompok.. Pelatihan dari penulisnya langsung, dibilang RPP dibuat per-sub tema.. Pelatihan – Contoh RPP masih ada yang pake EEK,lha?

Ibu Mardiana, SMP 1 – Guru IPS – melihat di buku, isisnya kebanyakan Geografi.. Belum terlalu terintegrasi.. RPP binung, Guru Inti yang memberikan pelatihan ga ngerti juga.. malah bilang, “ijal.. ijal..ijal..” dan saya baru tau, ijal itu ga ngerti :’)

Ibu Pengawas SMP, Guru masih bingung.. Pengawas pun bingung melakukan supervisi karena guru” bingung..

Ibu Hasrida, SMPN 6, buku Bahasa Indonesia.. Masing” tema di Bahasa Indonesia membuat laporan hasil observasi, Cinta Lingkungan + Budaya Indonesia.. tugasnya hanya itu” saja.. :’) KI 1 bagaimana dinilainya dalam Bahasa Indonesia?

Ibu Lindawati, SMPN 6 – Guru Matematika.. Materi padat, 7 pokok bahasan, materi terlalu padat, selama 2 bulan baru 1 bab.. Penilaian Sikap, haruskah setiap hari dinilai? Terlalu sibuk dalam hal administrasi.. Guru dituntut sedikit ngomong? Murid jadi ga ngerti.. Ngomong banyak aja ga ngerti, ngomong dikit apalagi?

Ibu Ernatuti, SMPN 1, Bahasa Indonesia.. Mengenai Guru “Ijal”.. Permasalahan Guru Inti yang masih belum berpengalaman.. Banyak guru yang menolak, tetapi “dipaksakan”.. Akhirnya pelaksanaan sosialisasi pun terbatas, bahkan kurang..

Bapak Achmad, SMPN 6, Guru Senibudaya.. Penilaian sikap akan sulit kalo sekaligus.. Di dalam pelatihan terdapat analisis buku – jika ada yang tidak sesuai boleh ditambah, mengambil materi dari sumber lain..

Guru SMA – Ibu Wismar, Guru Bahasa Indonesia.. Dinilai baik, materinya menggali anak meningkatkan minat baca.. Kesulitan dalam penyusunan RPP, belum ada silabus + paket KI-KD.. Katanya mempermudah guru, tetapi yang dirasakan justru sibuk dengan administrasi.. Terlalu banyak format penilaian yang harus diisi.. Tidak ada nilai” kehalusan budi di dalam sastra..

Ibu Nelwita, SMA 12, Sejarah.. Standar Proses+Penilaian yang masih bingung.. Analisis KI-KD, guru bingung.. Ga semua guru memperoleh pelatihan, alhasil meraba”.. Penilaian: puluhan yang dikonversikan, bingung.. RPP, bingung..

Ibu Khairunisa, Bahasa Inggris, pernah ikut pelatihan.. tidak dilakukan penguatan konsep, tetapi langsung kerja..masih bingung mengenai RPP..

Bapak Nurfaizal, Pengawas SMA.. masih bingung.. tetapi sudah banyak pendampingan yang dilakukan..

Guru Biologi.. Pelatihan oleh pa’zul sudah cukup baik, sayangnya mengenai penilaian..Keteteran untuk penilaian.. Buku biologi kapan terbit> di lapangan butuh..

Guru SMA 12, Ibu Fauzah, Matematika.. Senang ada KI 1&2 sehingga ada kepuasan batin karena mengajarkan nilai juga J Namun dalam pengetahuan, analisis terlalu tinggi.. Tuntutan terlalu banyak.. Siswa tidak sempat istirahat..

Guru PKn, Ibu Monalisa, Kelas 10.. Masih pake buku penerbit..

Dan selesailah proses curhat..

Ibu Muti pun kembali bercuap”, menceritakan secara umum permasalahan yang ada.. Ga detail bisa dituliskan di sini.. Saking terkesimanya mendengarkan penjelasan bu Muti, akhirnya ga sempet ngelanjutin notulensi ini.. Pun beres bu Muti cuap”, selanjutnya kebagian saya yang cuap” tentang proses pembelajaran, pendekatan scientific + penilaian autentik.. lagi” ga sempet lanjutin notulensinya.. Bisa diliat di posting sebelumnya J

Namun bagaimanapun juga, patut disyukuri bahwa Kurikulum 2013 memiliki tujuan mulia: ingin terbentuknya peserta didik yang tidak hanya hebat secara ilmu pengetahuan, namun diimbangi dengan keterampilan yang mumpung, serta pastinya sikap yang teladan. Dan ini bukan hanya tanggung jawab pihak-pihak tertentu saja, seluruh pihak berperan aktif.. Terkait masalah yang muncul di lapangan, saya rasa itu hal yang lumrah. Sekarang bagaimana cara kita menyikapi permasalahan yang ada dengan perbaikan untuk ke depannya..

Ada kalimat yang saya kutip dari buku “Guru Gokil Murid Unyu” karya J. Sumardianta,

Proses Pemebelajaran, Scientific + Penilaian

Yu ah, besok mulai pendampingan ke sekolah”.. Kebagian di SMK + SMA, which means harus baca” ulang lagi permen”, khususnya di struktur kurikulum SMA + SMK yang jumlahnya ratusan.. :’) Bismillah..

October, 7 2013, 21:37

 
2 Comments

Posted by on October 7, 2013 in Flame of Kurikulum, Flame of Thought

 

Tags:

2 responses to “2nd Day in Pekanbaru: Pendampingan & Supervisi Kurikulum 2013

  1. vivi

    November 10, 2013 at 8:40 pm

    selamat malam pak..
    saya mahasiswa biologi fkip Universitas Riau.
    saya sangat tertarik dengan perubahan kurikulum 2013 ini, sejak desember 2012 sudah mulai mencari informasi yang berkaitan dan sekarang saya sedang meneliti lebih lanjut bagaimana persepsi guru2 SMP dan SMA di pekanbaru terhadap perubahan kurikulum ini dengan menggunakan angket dan wawancara lgsg dgn guru dan sekretaris dinas pendidikan kota pekanbaru.
    namun sampai saat ini saya merasa masih kekurangan banyak informasi ttg kur 2013 ini, sudikah kiranya bapak membantu??
    Terima kasih..

     
    • Mr. Opik

      February 18, 2014 at 10:24 pm

      wah, mohon maaf, blog-nya sempat off kemarin..
      ada yang bisa saya bantu untuk informasi yang dibutuhkan untuk saat ini?

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: