RSS

Grimm Brothers’ Tales

25 Oct

Grimm Brothers, Jacob dan Wilhelm, adalah dua  bersaudara berkebangsaan Jerman yang mengumpulkan dongeng-dongeng yang tersebar saat itu. Terjadi salah kaprah ketika beberapa orang menganggap mereka merupakan pembuat cerita itu sendiri, padahal mereka hanya mengumpulkan cerita-cerita yang tersebar secara turun menurun tanpa manuskrip yang tertulis jelas.

Jacob lahir pada tahun 1785, dan Wilhelm lahir satu tahun setelahnya. Mereka adalah cendikiawan yang menghabiskan waktunya untuk melakukan penelitian. Ayah mereka, Philipp Wilhelm Grimm, adalah seorang pengacara yang sudah meninggal ketika mereka masih anak-anak. Ibu mereka, Dorothea Grimm meninginakan kedua anaknya mengikuti jejak sang ayah sehingga menyekolahkannya di University of Marburg.

Tahun 1806, mereka mulai mengumpulkan dongeng-dongeng rakyat Jerman. Pada tahun 1810, Grimm menyusun manuskrip cerita-cerita tersebut dan menerbitkan kumpulan cerita pertamanya tahun 1812. Kumpulan cerita pertama terdiri dari 86 cerita dengan judul Kinder- und Hausmarchen atau Dongeng-Dongeng Anak-Anak dan Rumah Tangga. Tahun 1814, mereka menerbitkan kumpulkan cerita kedua dengan 70 cerita tambahan di dalamnya. Pada tahun 1857, revisi volume ke-7 berisi 210 cerita.

Volume pertama kumpulan cerita tersebut sempat mendapatkan kritik karena isi ceritanya tidak sesuai untuk anak-anak. Kalau dilihat dari tujuan awal, memang Grimm brothers mengumpulkan cerita-cerita ini semata-mata untuk merekam sejarah. Catatan kaki dari setiap kisah yang ada terkadang jauh lebih panjang dibandingkan dengan cerita itu sendiri.

Sejarah Eropa di awal tahun 1800-an memang cukup kelam. Seperti Hasel dan Gratel, banyak anak-anak yang diabaikan dan ditinggalkan. Para perempuan yang dituduh sebagai penyihir dibakar atau digantung. Kekejaman dalam dongeng Grimm bukanlah fatansi, tetapi penggambaran dari keadaan yang sesungguhnya.

Mereka menamakan diri patriot folklore, bukan pendongeng cerita anak. Hal ini dikarenakan mereka mulai mengumpulkan cerita saat Jerman dijajah oleh Perancis di bawah pimpinan Napoleon. Mereka ingin menekan budaya local agar tidak mengemuka, dan Grimm berusaha untuk menyelamatkan tradisi lisan Jerman.

Disney membuat cerita Grimm menjadi jauh lebih ‘beradab’. Karena kalau kisah aslinya, cerita-cerita yang ada terkadang terkesan sangat kejam atau bahkan tidak bermolal. Dalam versi Snow White misalnya, ibu tiri yang jahat dipaksa untuk menari dengan sepatu besi yang panas sampai mati. Atau Sleeping Beauty yang versi aslinya sang putri ‘dijamah’ sampai memiliki 2 anak sebelum akhirnya terbangun. Versi asli lainnya? Silahkan cek sendiri🙂.

Fairy Tale sekarang ini sedang kembali ‘menggeliat’. Biasanya Disney membuat cerita dalam bentuk kartunnya, tapi sekarang sudah ada beberapa cerita yang diangkat menjadi cerita televisi. Once Upon A Time merupakan salah satu contoh karya cerdas bagaimana cerita-cerita dongeng berhubungan menjadi satu kesatuan utuh yang berkaitan. Grimm pun menjadi serial TV yang mengambil background kehidupan keturunan Grimm yang dikemas layaknya serial Supernatural.

Cerita-cerita Grimm sudah banyak diadaptasi ke beberapa bentuk pertunjukan. Tidak ada salahnya kita mengetahui akar ceritanya bukan?

That’s why, for today Reading Comprehension 1 Subject, every students need to read at least 2 stories from the list, and 1 favorite story not list-based. The list and the stories can be find here

http://www.grimmstories.com/en/grimm_fairy-tales/list

Next week, I’ll show the real Grimm Script from German in Germany *language. Besides, I’ll try to compile the stories also into book in English. I already have a book in Indonesian version also. Then, we will discuss a lot about it. Enjoy reading😉

(Thanks a lot for Uda & Enna who brought that book far far away from German here, danke😉

Oct, 25 2012, 12:55pm

 
Leave a comment

Posted by on October 25, 2012 in Flame of Book, Flame of Movie

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: